12 Desember 2011

PSAP Terapkan Pressing Ketat

* Hadapi Mitra Kukar di Lhong Raya

BANDA ACEH – PSAP Sigli akan menjalani pertarungan berat saat menghadapi tim bertabur bintang, Mitra Kukar, Kartanegera, Kalimantan Timur di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Kamis (8/12) sore. Pertandingan ini akan menjadi ujian kedua bagi pasukan Arman dalam pentas Indonesia Super League (ISL) musim 2011/2012.

Partai ini sangat penting bagi tim yang dimanajeri Nazaruddin untuk menghadapi tim sarat pengalaman agar tak kehilangan poin lagi. Ferry Komul dkk wajih tampil all-out dan jangan biarkan lawan banyak menguasai bola. Jika lawan sudah memegang bola, maka harus segera melakukan pressing (tekanan) sesegera dan seketat mungkin agar memecahkan konsentrasi lawan dalam membangun serangan.

Lini belakang PSAP yang dihuni Bustami, Arifin Genuni dan M Ali harus bekerja keras untuk menutup peluang bomber Mitra Kukar, Saktiawan Sinaga dan Jajang Mulyana. Apa yang dilakukan ketiganya saat menutup pergerakan penyerang Persisam Samarinda, Christian ‘El Loco’ Gonzales dan Yongki Aribowo dalam babak pertama partai sebelumnya harus lebih ditingkatkan. Sebab, celah sekecil apapun yang dimiliki lawan bisa membahayakan Fakhrurrazi di bawah mistar gawang.

Peran super penting juga harus diemban Ikhwani Hasanuddin, Sukman Suaib, Riza Fandi, Ferry Kamul dan Abdul Faisal di lini tengah. Sebab, mata rantai serangan lawan sangat ditentukan oleh pertarungan yang diberikan mereka terhadap pergerakan lawan. Apalagi, operasi lini tengah lawan mutlak dikendalikan tiga pemain berpengalaman di Timnas, Ahmad Bustomi, Arif Suyono, Zulham M Amrun yang dibantu Ardan Aras. Bentrokan di lini tengah dalam memotong suplai umpan untuk penyerang lawan tak bisa dihindari.

Disisi lain, pasukan lini tengah PSAP juga tak bisa mengeyampingkan peran pemain kunci lawan, seperti Hamzah Hamzah, Pierre Njangka Beyangka, Zulchrizal Abdul Gamal plus Vicktor Simon Badawi. Memang tugas mereka mengawal pertahanan tim berjuluk ‘Naga Mekes’. Tapi kemampuan jelajah yang dimiliki mereka bisa berperan penting untuk membantu serangan atau menusuk ke pertahanan PSAP. Ini juga penting diwaspadai oleh pasukan Laskar Aneuk Nanggroe terhadap bahaya yang bakal ditimbul pemain lawan yang sudah berpengalaman.

Bahkan, penghuni lini tengah PSAP juga tak boleh mengabaikan peran utama mereka untuk mensuplai bola untuk para penyerangnya yang bakal diisi Mathonsi Mfundo Cecil dan Sayuti. Sebab, bila intensitas serangan menurun bakal dimanfaatkan oleh pasukan Simon McMenemy untuk menggempur pertahanan PSAP. Disinilah dibutuhkan pressing ketat dan pertarungan nonstop selama 2x45 menit untuk tak terulangnya tragedi yang diciptakan El Loco di partai sebelumnya. Saatnya berjuang PSAP!.(hd)

Komentar pelatih

Butuh Dukungan

Kami tahu tim lawan bertabur bintang timnas dan pemain berpengalaman. Tapi tim besar tak ada jaminan selalu menang. Tim besar juga bisa kalah dan dalam sepakbola apapun bisa terjadi. Kami sadar dengan kemampuan Mitra Kukar, Tapi akan akan berusaha menghadapi lawan. Kami butuh dukungan langsung masyarakat agar para pemain bisa bertambah semangat.

*Arman, Pelatih PSAP Sigli.(hd)

Bermain Total

Kita tidak ambil pusing tentang tim lawan. Tapi kami ingin lebih fokus untuk mempersiapkan tim sendiri dalam menghadapi pertandingan ini. Dalam pertandingan ini kita juga punya target. Tapi kita akan bermain total dan tetap saja punya target seperti tim lain yang ingin meraih kemenangan. Kita juga akan persiapkan tim sebaik mungkin untuk diturunkan menghadapi PSAP.

*Simon McMenemy, Pelatih Mitra Kukar.(hd)

Tidak ada komentar:

Pemain Persiraja

Pemain Persiraja
Playmaker Persiraja, Patrick Sofian Ghigani